Skip to main content

Tiga keunggulan Chrome OS dibanding Windows menurut Acer

Chrome OS mulai diperkenalkan ke dunia pada 2011. Sistem operasi buatan Google ini diterapkan pada komputer jinjing (laptop) Chromebook.
Head of Commercial Product and Business Development Acer Indonesia, Riko Gunawan, menuturkan sistem operasi ini memiliki tiga keunggulan utama sehingga lebih baik dibandingkan sistem operasi lain, misalnya Windows.
"Speedsimplicity, dan security menjadi tiga kunci di Chromebook, ujar Riko saat acara temu media di Jakarta, Kamis (1/12/2016).
Tiga keunggulan itu membuat sistem operasi bisa melakukan booting dengan cepat, kurang dari 8 detik. Dia juga terintegrasi dengan seluruh produk Google dan relatif kebal virus karena semua aplikasi memiliki sistem sandbox (memisahkan program yang sedang berjalan).
Riko menambahkan bahwa Chromebook layar sentuh juga dapat menjalankan aplikasi Android secara maksimal layaknya gawai Android sesungguhnya.
Ada tiga varian Chromebook yang diluncurkan Acer Indonesia; Chromebook R11, Chromebook 11, dan Chromebook 14. Dan Acer Indonesia memasarkan Chromebook dengan strategi ke dunia pendidikan.
Artinya, Acer tidak menjual bebas ke pasar laptop. Semua akan dijual hanya melalui sistem business to business (B2B).
Mengapa Acer memilih strategi pemasaran tersebut?
Riko menegaskan bahwa Acer tidak ingin menimbulkan kebingungan di kalangan pengguna yang pada akhirnya berujung pada rasa kecewa. Apalagi Chrome OS berbeda dibanding sistem operasi yang lazim, sehingga dibutuhkan sosialisasi langsung cara menggunakannya ke para pengguna.
"Kami rasa dunia pendidikan menjadi objek yang cocok untuk sosialisasi karena berada dalam sebuah lingkup. Jadi lebih mudah," ujar Riko
Sebagai gambaran, Riko lebih lanjut menjelaskan, bahwa 51 persen dunia pendidikan AS (lokasi pembuat Chrome OS) menggunakan Chromebook. Sisanya menggunakan laptop Windows dan Mac, serta sistem operasi lain.
Acer Indonesia sudah memasarkan Chromebook ke berbagai sekolah di tanah air kendati jumlahnya belum banyak. Menurut Riko, rata-rata sekolah internasional tertarik menggunakan Chromebook karena mereka sudah memahami kelebihannya.
Selain itu, Chrome OS tidak membutuhkan perangkat keras spesifikasi tinggi. Selain cocok bagi kalangan pendidikan, Acer menilai operasi ini cocok pula bagi para pelaku UKM lantaran harga jualnya relatif terjangkau.
Meski begitu, konsumen individual tetap bisa membeli Chromebook. Namun pembelian hanya bisa dilakukan di distributor, bukan toko ritel.

R11 sebagai andalan

Dari ketiga laptop terbaru itu, Acer Chromebook R11 adalah bintang utama. Meski berharga "murah", R11 mengusung layar sentuh serta desain convertible atau dapat dilipat hingga 360 derajat hingga seperti sabak (tablet).
Layarnya berukuran 11,6 inci dan bobotnya hanya 1,25 kg. Sedangkan pada dapur pacu, Acer mempercayakan prosesor Intel Celeron.
Acer Chromebook R11
 
Acer Chromebook R11 Yoseph Edwin /Beritagar.id
Chromebook 11 merupakan versi standar R11 yang memiliki desain layaknya sebuah laptop. Spesifikasi intinya identik, dengan ukuran layar 11,6 inci resolusi HD (1366x768 piksel), prosesor Intel Celeron, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB.
Acer Chromebook 11
 
Acer Chromebook 11 Yoseph Edwin /Beritagar.id
Sementara Chromebook 14, sesuai namanya memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080 piksel). Desainnya tergolong tipis seperti MacBook Air keluaran Apple, termasuk material kerangka berbahan logam (metal).
Laptop ini menggunakan prosesor Intel Celeron, RAM 4 GB, memori internal 32 GB, dan daya tahan baterai hingga 14 jam.
Lalu seberapa murah laptop Chromebook Acer ini?
Chromebook R11 dihargai Rp4,799 juta, Chromebook 11 dilepas dengan harga Rp3,399 juta, dan Chromebook 14 dijual di harga Rp3,999 juta.

Tetap ada OS Windows

Acer TravelMate B117
 
Acer TravelMate B117 Yoseph Edwin /Beritagar.id
Dalam kesempatan tersebut, Acer Indonesia juga meluncurkan laptop TravelMate B117 yang tetap ditujukan bagi kalangan pendidikan. Laptop ini tidak menggunakan Chrome OS, melainkan Windows 10 Pro.
Meski demikian, laptop ini didesain dengan karakter sama. Misalnya daya tahan baterai hingga 13 jam.
Keunikan lainnya adalah standar Military Grade Protection yang dilengkapi rubber stripagar tahan benturan atau jatuh. Juga papan ketik yang mampu menahan tumpahan air hingga 350 ml.
Harga yang dipatok untuk TravelMate B117 juga masih sekelas dengan Chromebook 11 yakni Rp3,49 juta.
Uji coba daya tahan papan ketik laptop Acer TravelMate B117 saat disiram air.
 
Uji coba daya tahan papan ketik laptop Acer TravelMate B117 saat disiram air. Yoseph Edwin /Beritagar.id

sumber: https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/tiga-keunggulan-chrome-os-dibanding-windows-menurut-acer

Comments

Popular posts from this blog

Surface Go vs. Chromebook: Which is better for you?

Microsoft's  Surface Go  is going to be available soon, and it's an intriguing device: $400 gets you a well-built tablet with full Windows. You can use any piece of Windows software built in the last twenty years, or stick to the store and web for an easier experience. Microsoft is positioning this as the perfect device for students, schools, and businesses. But Chromebooks may be a better option for all of those. Chromebooks don't have the backlog of software that Windows does, but most users can get by with the web and Android apps. Chromebooks are also easier on budgets and IT administrators' time For this comparison, we'll take a look at the  Lenovo 500e  since that is this year's  best Chromebook for students . There aren't any Chromebooks with the same processor as the Surface Go, but this is close enough for comparison's sake. Storage Design Ports Software Maintenance Price and Availability Which is best for you? Storage

11 Keunggulan Acer Chromebook

December 23, 2016 Hadirnya Chromebook menjadi solusi buat spAcer yang tidak ingin repot dengan berbagai aplikasi yang tidak diperlukan seperti sistem operasi yang selama ini kamu kenal. Chromebook membuat kinerjamu lebih maksimal, energi menjadi lebih efisien, dan keamanan lebih terjamin. Lalu, apa  sih  keunggulan Acer Chromebook dibandingkan produk lainnya? Ini dia 11 keunggulannya. User Interface Tidak Jauh Berbeda dengan Windows Apa yang pertama dilihat pengguna Chromebook pada saat menyalakan perangkat ini? Tentu saja User Interface. Acer Chromebook memiliki User Interface yang tidak jauh berbeda dengan WIndows. Di bagian kanan bawah terdapat  system tray  yang menampilkan jam dan setting. Sementara itu, di bagian kiri bawah terdapat tombol  launcher  yang menampilkan berbagai aplikasi yang sudah ter- install . Terakhir, di samping  launcher  juga terdapat  shelf tray  yang bisa menempatkan aplikasi-aplikasi favorit. Untuk menempatkan aplikasi di  shelf tray , cuk

Acer: Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi untuk Beralih ke Chromebook

NEW YORK, KOMPAS.com - Acer baru saja memperkenalkan dua notebook Chromebook yang diklaim paling tangguh di pasaran saat ini. Bertajuk “Chromebook 13” dan “Chromebook Spin 13”, masing-masing dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-8.  Meski begitu, duo Chromebook termutakhir itu belum menyasar pasar Indonesia. Acer menilai Indonesia masih butuh waktu lebih lama untuk beralih ke ekosistem Chromebook. “Di Amerika Serikat, produk Chromebook kami sudah mendominasi. Di wilayah Asia Tenggara memang masih belum familiar dengan Chromebook,” kata President of Acer Pan Asia Pacific (PAN), Andrew Hou, dalam wawancara khusus dengan KompasTekno, Rabu (23/5/2018), di New York, Amerika Serikat.  “Khusus di Indonesia, kira-kira masih butuh dua sampai tiga tahun lagi (untuk beradaptasi dengan Chromebook),” ia menambahkan. Menurut dia, infrastruktur internet di Indonesia belum siap untuk mendukung penggunaan sistem operasi ChromeOS pada Chromebook.  Diketahui, ChromeOS memiliki mekanisme