Skip to main content

Acer: Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi untuk Beralih ke Chromebook

NEW YORK, KOMPAS.com - Acer baru saja memperkenalkan dua notebook Chromebook yang diklaim paling tangguh di pasaran saat ini. Bertajuk “Chromebook 13” dan “Chromebook Spin 13”, masing-masing dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-8.

Acer Chromebook 13

 Meski begitu, duo Chromebook termutakhir itu belum menyasar pasar Indonesia. Acer menilai Indonesia masih butuh waktu lebih lama untuk beralih ke ekosistem Chromebook. “Di Amerika Serikat, produk Chromebook kami sudah mendominasi. Di wilayah Asia Tenggara memang masih belum familiar dengan Chromebook,” kata President of Acer Pan Asia Pacific (PAN), Andrew Hou, dalam wawancara khusus dengan KompasTekno, Rabu (23/5/2018), di New York, Amerika Serikat.

 “Khusus di Indonesia, kira-kira masih butuh dua sampai tiga tahun lagi (untuk beradaptasi dengan Chromebook),” ia menambahkan. Menurut dia, infrastruktur internet di Indonesia belum siap untuk mendukung penggunaan sistem operasi ChromeOS pada Chromebook. 


Diketahui, ChromeOS memiliki mekanisme kerja yang berbeda dengan Windows atau MacOS. Semua aplikasi pada ChromeOS tidak terinstal dalam media penyimpanan lokal, melainkan terkumpul pada sistem cloud. Karena itu, internet yang mumpuni menjadi syarat mutlak untuk pengoperasian Chromebook. 

Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2011 oleh Google, Chromebook mendapat respons positif masyarakat global. Pertumbuhannya signifikan di negara-negara berinternet cepat, tetapi penetrasinya sangat lambat di negara-negara berkembang seperti Indonesia. 

Chromebook mulai hadir di Tanah Air pada 2014 lalu. Hingga kini perangkat tersebut belum menarik perhatian masyarakat umum. Penggunaannya masih terbatas pada institusi-institusi pendidikan dan korporasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Acer: Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi untuk Beralih ke Chromebook", https://tekno.kompas.com/read/2018/05/25/09550047/acer--indonesia-butuh-2-tahun-lagi-untuk-beralih-ke-chromebook
Penulis : Fatimah Kartini Bohang
Editor : Reza Wahyudi

Comments

Popular posts from this blog

Acer Chromebook Indonesia, Layak Di Perhitungkan Berkat Fitur Berikut

Chromebook Indonesia  telah dipasarkan secara resmi oleh Acer. Komputer portabel ini menawarkan fitur-fitur esensial yang sangat cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan performa yang cepat dan ringan, tapi juga tangguh bersanding dengan semua kegiatan Anda seharian tanpa khawatir kehabisan baterai. Sejak pertama kali diluncurkan oleh Google pada bulan Mei tahun 2011, Chromebook telah menjadi pionir inovasi teknologi komputer portabel ringan yang dapat diandalkan sebagai penopang aktivitas dan pekerjaan Anda seharian. Apa saja keistimewaannya? Chromebook Indonesia: Komputer Portabel Berbasis Cloud Komputer portabel atau netbook besutan Google ini menjalankan Chrome OS sebagai sistem operasinya. Menariknya, Chromebook menjadi pionir inovasi teknologi netbook berbasis cloud pertama yang pernah ada. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan mobilitas telah mengubah cara kerja kita. Keberadaan perangkat mobile membantu pekerja untuk tak hanya bekerja di kantor, namun juga d

HP Chromebook 14 Tawarkan Banderol Terjangkau dengan Prosesor AMD

HP Chromebook 14 Tawarkan Banderol Terjangkau dengan Prosesor AMD KOMPAS.com - HP meluncurkan HP Chromebook 14 series di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang tengah berlangsung di Nevada, AS. Produk tersebut menjadi chromebook pertama dari sang pabrikan yang ditenagai prosesor AMD. Chromebook 14 memiliki dua model yang sama-sama memiliki bentang layar 14 inci dengan konfigurasi RAM 4 GB dan memori internal 32 GB eMMC.  Perbedaannya terletak di segi jeroan. Satu model menggunakan prosesor AMD A4 dengan GPU Radeon R4. Model ini memiliki resolusi layar 1.266 x 768 piksel tanpa fitur touch input serta dilengkapi colokan USB Type C sebanyak dua buah. Baca juga: Google Resmikan Pixel Slate, Tablet Pesaing iPad dan Surface Pro Sementara, model kedua mengandalkan prosesor AMD A6 dengan GPU Radeon R5. Resolusi layar model ini lebih besar yakni 1.920 x 1.080 (full-HD), serta telah mendukung touch input. Ada juga konektor USB Type C dua buah.    HP mengklaim bahwa kedua Chrome

Kombinasi kunci pintas Kromebook untuk Halaman

Keyboard yang digunakan Chromebook Anda telah berkembang sangat sedikit. Namun, ada cara pintas keyboard Chromebook yang dapat menghemat waktu dan membuat penjelajahan Anda lebih efisien. Tabel ini menunjukkan kombinasi tombol untuk menavigasi halaman. Jalan pintas untuk Halaman  Jalan pintas Fungsi Alt + panah ke atas Halaman atas. Alt + panah bawah Halaman bawah. Spasi Gulir ke bawah halaman web. Ctrl + Alt + panah atas Rumah. Ctrl + Alt + panah bawah Akhir. Ctrl + P Cetak halaman Anda saat ini. Ctrl + S Simpan halaman Anda saat ini. Ctrl + R Muat ulang halaman Anda saat ini. Ctrl + Shift + R Muat ulang halaman Anda saat ini tanpa menggunakan konten dalam cache. Ctrl + + (tanda tambah) Perbesar halaman. Ctrl + - (dasbor) Perkecil pada halaman. Ctrl + 0 Atur ulang tingkat zoom. Esc Hentikan pemuatan halaman Anda saat ini. Alt-klik link Buka link di tab baru di latar belakang. Ctrl + D Simpan halaman web Anda saat ini sebagai bookmark. Ctrl + Shift + D Simpan semua