Skip to main content

6 Keunggulan Chromebook Dibandingkan Laptop Windows dan MacBook by The Daily Oktagon

6 Keunggulan Chromebook Dibandingkan Laptop Windows dan MacBook

by The Daily Oktagon
Chromebook merupakan laptop yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan laptop dengan sistem operasi Windows maupun MacOS. Chromebook menjalankan sitem operasi buatan Google, yakni Chrome OS. Perangkat ini dirancang untuk bergantung pada koneksi internet ketika digunakan, di mana kebanyakan aplikasi dan dokumen pengguna tersimpan di cloud.
Pada awalnya, Chromebook ditujukan untuk digunakan oleh para pelajar. Namun, kini Chromebook telah mulai memasuki segmen laptop premium untuk profesional. Saat ini, laptop Windows maupun MacBook besutan Apple memang lebih umum digunakan. Tapi, sebenarnya Chromebook memiliki banyak keunggulan yang membuatnya pantas diperhitungkan untuk dimiliki.
Berikut ini 6 keunggulan yang dimiliki oleh Chromebook untuk bisa bersaing dengan laptop Windows maupun MacBook seperti dirangkum dari Laptop Mag.

Fitur Spesial
Google Assistant merupakan salah satu fitur spesial yang ada pada Chromebook. Asisten virtual besutan Google ini hadir di platform Chrome OS pada Pixelbook. Yang menarik, fitur ini bisa diaktifkan dengan menggunakan Pixelbook Pen. Meski dilengkapi pena pendukung, kamu masih bisa mengakses Google Assistant lewat tombol khusus yang terdapat di laptop itu sendiri. Selain itu, Chromebook ini juga terintegrasi dengan Google Now, yang memberikan kamu informasi mengenai berita cuaca dan berita terkini setiap hari. Kamu bisa melihatnya dengan mudah di Google Feed.
Selain itu, Google juga memberikan dukungan khusus untuk penggunaan laptop dengan layar sentuh atau 2-in-1 laptop seperti Asus Chromebook Flip. Google membuat desain keyboard on-screen yang minimalis dengan dilengkapi fitur untuk memudahkan dalam mengetik. Tak hanya itu, bagi pengguna smartphone Android, kamu bisa menerima notifikasi pesan dan panggilan di Chromebook milikmu secara langsung.
Tak Butuh Spesifikasi Tinggi
Tidak seperti laptop Windows, Chromebook lebih ditujukan untuk penggunaan online, sehingga spesifikasi tinggi tidak begitu diperlukan. Sebagai gambaran, Chromebook dengan RAM 2 GB atau 4 GB dan prosesor Intel Celeron N2840, sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan multitasking. Penyimpanan Chromebook juga tidak perlu besar.
Sebagian besar Chromebook hadir dengan kapasitas penyimpanan on board hanya 16 GB. Hal ini dikarenakan Chromebook dilengkapi dengan slot SD card untuk menambah kapasitas penyimpanan dan juga tersedianya penyimpanan berbasis cloud hingga kapasitas 100 GB di Google Drive. Dengan begini, Chromebook tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan internal yang besar, kamu tinggal menyimpannya secara online di cloud.
Harga Lebih Murah
Harga tentu menjadi salah satu pertimbangan utama ketika kita ingin membeli laptop baru. Semakin terjangkau harganya, maka akan semakin menarik minat kita untuk membelinya. Inilah salah satu kelebihan dari laptop Chromebook. Jika dibandingkan dengan laptop Windows dan MacBook, harga Chromebook terbilang lebih murah.
Sebagai contoh, untuk segmen low end dengan harga Rp 2 jutaan, kamu sudah bisa memiliki Acer Chromebook R11 yang punya layar 11,6 inci, prosesor Intel Celeron N3150 dan RAM 2 GB. Lalu dengan budget Rp 7 jutaan, kamu sudah bisa membawa pulang Samsung Chromebook Pro yang mempunyai layar 12,3 inci beresolusi 2400 x 1600 piksel, prosesor Intel Core M3, RAM 4 GB dan pena stylus.
Untuk segmen premium, dengan merogoh kocek sebesar Rp 13 jutaan, kamu bisa mendapatkan Google Pixelbook versi layar 12,3 inci dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-7, RAM 8 GB dan penyimpanan berjenis SSD berkapasitas 128 GB. Ada juga versi tertinggi dari laptop konvertibel ini yang dijual seharga Rp 22 juta. Versi paling bertenaga dari Pixelbook ini ditunjang prosesor Intel Core i7 generasi ke-7, RAM 16 GB dan storage 512 GB berjenis SSD.
Baterai Lebih Awet
Chromebook dikenal akan ketahanan baterainya yang lebih awet. Rata-rata, laptop Chromebook memiliki daya tahan baterai selama sekitar 9 jam penggunaan. Hal ini sangat penting bagi kamu yang sering mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan di luar kantor tanpa harus selalu bergantung pada colokan listrik untuk charge baterai laptop.
Ketahanan
Sebagian besar laptop Chromebook yang ada di pasaran dihadirkan dengan ketahanan bodi yang tangguh. Fitur anti goresan dan tahan bantingan merupakan hal biasa yang disertakan pada laptop dengan Chrome OS ini. Sebagai contoh, Acer Chromebook 14 dan Lenovo ThinkPad 13 Chromebook memiliki ketahanan berstandar militer dengan sertifikasi MIL-STD-810G. Ini artinya, perangkat tersebut memiliki kapabilitas melewati tes ketahanan sesuai standar militer Amerika Serikat. Untuk Acer Chromebook 14 sendiri, laptop ini mampu bertahan di lingkungan dengan temperatur ekstrem, kelembaban, getaran, hujan, pasir dan debu.

Keamanan
Satu lagi keunggulan yang dimiliki oleh laptop Chromebook adalah di sektor keamanan. Model Chromebook yang ditujukan untuk bisnis biasanya dibekali dengan alat yang memungkinkan administrator teknologi informasi (TI) untuk mengelola laptop dari dalam maupun luar kantor. Sebagai contoh, Lenovo ThinkPad 13 Chromebook dan Google Pixelbook dilengkapi dengan Trusted Platform Mobilechip keamanan yang melindungi pengguna dari pencurian kata sandi. Dengan fitur ini, para profesional tidak perlu khawatir lagi soal keamanan data yang tersimpan di perangkat Chromebook mereka.
Dengan keunikan tersendiri dan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Chromebook bisa menjadi alternatif menarik. Jika kamu mencari laptop dengan harga murah, memiliki bodi tangguh namun ringkas, dan daya tahan baterai yang awet, Chromebook adalah pilihan tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Surface Go vs. Chromebook: Which is better for you?

Microsoft's  Surface Go  is going to be available soon, and it's an intriguing device: $400 gets you a well-built tablet with full Windows. You can use any piece of Windows software built in the last twenty years, or stick to the store and web for an easier experience. Microsoft is positioning this as the perfect device for students, schools, and businesses. But Chromebooks may be a better option for all of those. Chromebooks don't have the backlog of software that Windows does, but most users can get by with the web and Android apps. Chromebooks are also easier on budgets and IT administrators' time For this comparison, we'll take a look at the  Lenovo 500e  since that is this year's  best Chromebook for students . There aren't any Chromebooks with the same processor as the Surface Go, but this is close enough for comparison's sake. Storage Design Ports Software Maintenance Price and Availability Which is best for you? Storage

11 Keunggulan Acer Chromebook

December 23, 2016 Hadirnya Chromebook menjadi solusi buat spAcer yang tidak ingin repot dengan berbagai aplikasi yang tidak diperlukan seperti sistem operasi yang selama ini kamu kenal. Chromebook membuat kinerjamu lebih maksimal, energi menjadi lebih efisien, dan keamanan lebih terjamin. Lalu, apa  sih  keunggulan Acer Chromebook dibandingkan produk lainnya? Ini dia 11 keunggulannya. User Interface Tidak Jauh Berbeda dengan Windows Apa yang pertama dilihat pengguna Chromebook pada saat menyalakan perangkat ini? Tentu saja User Interface. Acer Chromebook memiliki User Interface yang tidak jauh berbeda dengan WIndows. Di bagian kanan bawah terdapat  system tray  yang menampilkan jam dan setting. Sementara itu, di bagian kiri bawah terdapat tombol  launcher  yang menampilkan berbagai aplikasi yang sudah ter- install . Terakhir, di samping  launcher  juga terdapat  shelf tray  yang bisa menempatkan aplikasi-aplikasi favorit. Untuk menempatkan aplikasi di  shelf tray , cuk

Acer: Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi untuk Beralih ke Chromebook

NEW YORK, KOMPAS.com - Acer baru saja memperkenalkan dua notebook Chromebook yang diklaim paling tangguh di pasaran saat ini. Bertajuk “Chromebook 13” dan “Chromebook Spin 13”, masing-masing dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-8.  Meski begitu, duo Chromebook termutakhir itu belum menyasar pasar Indonesia. Acer menilai Indonesia masih butuh waktu lebih lama untuk beralih ke ekosistem Chromebook. “Di Amerika Serikat, produk Chromebook kami sudah mendominasi. Di wilayah Asia Tenggara memang masih belum familiar dengan Chromebook,” kata President of Acer Pan Asia Pacific (PAN), Andrew Hou, dalam wawancara khusus dengan KompasTekno, Rabu (23/5/2018), di New York, Amerika Serikat.  “Khusus di Indonesia, kira-kira masih butuh dua sampai tiga tahun lagi (untuk beradaptasi dengan Chromebook),” ia menambahkan. Menurut dia, infrastruktur internet di Indonesia belum siap untuk mendukung penggunaan sistem operasi ChromeOS pada Chromebook.  Diketahui, ChromeOS memiliki mekanisme